Pages

Kamis, 01 November 2012

Cara Mudah Belajar SEO


Belajar SEO memang suatu kebutuhan, karena dengan menguasai SEO ( Search Engine Optimization ) maka website atau blog kita akan dapat ditemukan oleh search engine dan muncul pada hasil pencarian. Artinya, apabila website kita muncul pada halaman hasil pencarian maka kita akan mendapat pengunjung gratis yang tertarget tanpa mengeluarkan biaya promosi. Dari segi bisnis tentunya sangat menguntungkan karena kemungkinan besar dapat terjadi penjualan atas produk yang kita pasarkan melalui website tersebut.

Sebelum kita belajar SEO, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu beberapa istilah yang berkaitan dengan kegiatan SEO seperti berikut ini :
  1. Backlink:biasa di sebut  Inlink atau hanya link, itu adalah hyperlink pada blog atau website lain memberitahukan keberadaan situs blog Anda sendiri. Backlinks penting untuk SEO karena mempengaruhi langsung PageRank dari halaman web, mempengaruhi peringkat pencarian.
  2. PageRank: PageRank adalah sebuah algoritma yang digunakan Google untuk memperkirakan relatif penting  dari halaman di seluruh blog Anda. Ide dasar dibalik algoritma ini adalah fakta bahwa link dari halaman A ke halaman B dapat dilihat sebagai suara kepercayaan dari halaman A ke halaman B.Semakin tinggi Jumlah  link menuju sebuah halaman, maka semakin tinggi kemungkinan bahwa halaman tersebut penting.
  3. Anchor text: anchor text dari backlink adalah teks yang dapat diklik pada halaman web. Setelah kata kunci, anchor text bagus untuk SEO karena Google akan mengaitkan kata kunci dengan konten website atau blog Anda. Jika Anda memiliki blog dengan topik “SEO”, maka akan membantu peringkat pencarian Anda jika beberapa link balik Anda memakai “SEO” sebagai anchor text mereka.
  4. Title Tag: Title tag atau judul tag secara harfiah adalah judul sebuah halaman web, dan itu salah satu faktor paling penting dalam algoritma pencarian Google. Idealnya title tag Anda harus unik dan mengandung kata kunci  halaman utama blog Anda. Anda dapat melihat tag judul dari setiap halaman web di atas browser sewaktu melakukan navigasi.
  5. Algoritma Search Engine : algoritma Search Engine Google digunakan untuk mencari halaman web yang paling relevan untuk setiap permintaan pencarian. Algoritma ini mempertimbangkan lebih dari 200 faktor (menurut Google itu sendiri), termasuk nilai PageRank, tag judul, tag meta, isi website, umur domain dan sebagainya.
  6. SERP: Singkatan Search Engine Results Page. Ini pada dasarnya halaman yang Anda akan dapatkan ketika Anda mencari kata kunci tertentu di Google atau search engine lainnya. Jumlah lalu lintas pencari situs Web Anda akan tergantung pada peringkat yang kita miliki di dalam SERPs.
  7. Sandbox: Google pada dasarnya memiliki indeks yang terpisah, Sandbox, dimana tempat semua situs web yang baru ditemukan. Ketika website berada di Sandbox, mereka tidak akan muncul dalam hasil pencarian untuk permintaan pencarian yang normal. Setelah Google memverifikasi bahwa website ini sah, maka blog kita akan bergerak keluar dari Sandbox  ke dalam indeks utama.
  8. Keyword Density: Untuk mencari keyword density dari setiap halaman tertentu Anda hanya perlu melihat berapa kali kata kunci digunakan dalam sebuah  halaman. Kepadatan Kata kunci menjadi faktor penting SEO , karena algoritma awal menempatkan penekanan yang berat di atasnya. Sekarang tidak berlaku lagi.
  9. Robots.txt: Ini tidak lebih dari sebuah file, yang ditempatkan di root domain, yang digunakan untuk menginformasikan bot pencarian tentang struktur situs web. Sebagai contoh, melalui file robots.txt sangat memungkinkan untuk memblokir pencarian spesifik robot  dan untuk membatasi akses ke folder tertentu dari bagian dalam website atau blog.
Tahapan - tahapan SEO ( lihat tips SEO )
Dalam belajar SEO ada 2 tahapan penting yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :
  1. On-Page optimization ( optimasi dari dalam situs ), yang meliputi : keyword, meta tag dan konten.
  2. Off-Page optimization ( optimasi dari luar situs ), yaitu kegiatan membangun link popularity atau disebut juga membangun backlink. Backlink dibagi menjadi 2 yaitu : backlink satu arah dan backlink dua arah ( tukar link ).

0 komentar:

Posting Komentar