Pages

Kamis, 01 November 2012

Teknik Konversi Energi yang Strategis


Teknik Konversi Energi

Energi merupakan salah satu isu yang sangat penting dan strategis bagi pemerintah dalam upaya peningkatan kesejahteraan rakyat, mencerdaskan kehidupan bangsa serta mendorong kegiatan ekonomi. Oleh karena itu pengelolaan energi yang andal, aman, dengan harga yang bersaing dan berwawasan lingkungan menjadi sangat penting dan menjadi skala prioritas utama dalam program pembangunan infrastruktur di Indonesia.
Untuk menjawab tantangan tersebut, pada tahun 1985 dilakukan inisiasi pendidikan Teknik Energi oleh Swisscontact dengan bimbingan Prof. Dr. H. Brechna. Maka pada tanggal 24 Juli 1987 mulai dibuka Program Studi Teknik Konversi Energi yang bernaung di bawah Jurusan Mesin, Politeknik ITB.

Program Studi ini, selanjutnya pada tanggal 29 September 2004 resmi berstatus menjadi Jurusan Teknik Konversi Energi berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 162 D/O/2004 tentang Peningkatan Status Program Studi Menjadi Jurusan pada Politeknik Negeri Bandung.

Jurusan Teknik Konversi Energi Politeknik Negeri Bandung menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma III yang menghasilkan Ahli Madya dan juga menyelenggarakan Program Studi Diploma IV sebagai Sarjana Sain Terapan pada Bidang Energi. Ahli Madya dan Sarjana Sain Terapan ini diharapkan dapat terjun ke dunia industri terutama pembangkit tenaga listrik, penambangan migas & batubara, manufaktur, konsultansi teknis, konstruksi atau industri proses. Lulusan program vokasi ini juga diarahkan untuk mampu berperan serta mengatasi problem teknologi energi di lingkup lokal, nasional maupun Global.

Sampai saat ini, Program Studi Diploma III Teknik Konversi Energi telah menghasilkan lebih dari 1000 lulusan yang bekerja di berbagai sektor industri nasional maupun multinasional. Jumlah lulusan yang bekerja di pembangkitan sebesar 9%, penambangan 5%, manufaktur 14%, konstruksi 17%, dan proses 55% (Survey JPAC, 2006). Sedangkan Program Studi Diploma IV mulai diselenggarakan pada tahun akademik 2009/2010.
Akreditasi nasional Program Studi Teknik Konversi Energi telah diselanggarakan dua kali, tahun 2002 dan 2008 dengan nilai B (baik).

0 komentar:

Posting Komentar